Senin, 11 Juli 2011

Menahan Pandangan (Ghaddul Bashar)




Allah SWT berfirman : "Katakanlah kepada laki-laki beriman agar mereka menundukkan sebagian dari pandangan mata (terhadap wanita) dan memelihara kemaluan mereka (menutupnya). Yang demikian itu lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah amat mengetahui apa yang mereka kerjakan. dan katakanlah kepada wanita yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang biasa tampak padanya.." (Qs. An-Nur: 30-31)

Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah telah menulis beberapa faedah menundukkan pandangan dalam kitabnya yang berjudul Raudlah Al-Muhibbin wa Nuzhah Al-Musytaqin. Tercantum dalam kitab Fiqh An-Nadhr karangan Al-Mundziri. Dibawah ini tersaji beberapa faedah menundukkan pandangan yang dinukil dari kitab-kitab di atas, diantaranya sebagai berikut :
  1. Menundukkan pandangan berarti menunaikan titah Allah SWT. Tiada manusia yang bahagia di dunia dan akherat kecuali dengan menunaikan perintah-perintah Allah.
  2. Menundukkan pandangan agar menguatkan hati dan mengambil faedah dari hal itu. Sebagaimana halnya mengumbar pandangan akan melemahkan hati dan membuatnya gelisah.
  3. Menundukkan pandangan membuat hati selalu khusyuk mengabdi dihadapan Allah SWT. Sebaliknya, mengumbar pandangan akan memporak-porandakan hati dan pikiran.
  4. Menundukkan pandangan menimbulkan kelihaian yang benar-benar luar biasa. Siapa saja yang membiasakan dhahirnya dengan mengikuti sunnah dan mengakrabkan hatinya dengan muroqobah, menundukkan pandangan dari hal-hal yang diharamkan, menahan nafsunya dari syahwat, serta membiasakan hanya memakan harta yang halal, maka akan menjadikannya 'berkuasa' dihadapan orang lain dan tidak ada yang menyalahkannya, kecuali ia berbuat salah.
  5. Menundukkan pandangan akan melahirkan hati yang gagah berani hingga membuat seseorang memiliki wawasan luas dan argumentasi yang kuat.
  6. Menundukkan pandangan akan melepaskan hati dari tawaran syahwat. Sebagaimana dikatakan, "Orang yang tertawan, oleh pandangan matanya, maka itulah tawanan yang sebenarnya".
  7. Menundukkan pandangan akan membentengi seseorang dari pintu syetan.
  8. Menundukkan pandangan akan menguatkan akal dan menambah kecerdasan. 
  9. Menundukkan pandangan akan menyelamatkan hati dari mabuk syahwat dan kelengahan.
  10. Menundukkan pandangan akan mengosongkan hati dari berbagai kemaksiatan.
  11. Menundukkan pandangan merupakan mahar (maskawin) bagi bidadari.
  12. Mengumbar pandangan akan memberi beban bagi badan dan kedua mata.
  13. Menundukkan pandangan akan membantu seseorang dalam menutut ilmu. 

Tidak ada komentar: